News
Lates Post

SCOPS, Solusi Smart Operation untuk Tingkatkan Kinerja Operasional Bisnis

in

Memasuki era digitalisasi, industri manufaktur terus berevolusi dengan memanfaatkan teknologi sebagai jembatan untuk meningkatkan efisiensi operasional bisnis mereka.  Salah satu cara yang dilakukan adalah menggunakan solusi smart operation.

Solusi smart operation dapat bekerja dengan memvisualisasikan data secara real-time yang mampu membantu operator untuk mengolah dan menganalisis data secara cepat, sehingga perusahaan otomatis mengambil keputusan bisnis secara cepat tanpa proses manual.

Untuk menjawab kebutuhan solusi smart operation, BPT meluncurkan solusi terbarunya, yaitu Smart Control of Optimized Operations (SCOPS). Lantas, apa saja keunggulan dan manfaat SCOPS bagi bisnis? Berikut penjelasan lengkapnya.

Memperkenalkan SCOPS (Smart Control of Optimized Operations)

Smart Control of Optimized Operations atau SCOPS adalah sistem kendali industri berbasis komputer yang dapat melakukan otomatisasi kontrol untuk berbagai jenis industri termasuk manufaktur, komersial, dan layanan publik.

Sistem SCOPS cocok untuk segala jenis industri, karena dilengkapi dengan GUI (Graphical User Interface), memudahkan navigasi dan kontrol high level process yang membutuhkan ketepatan tingkat tinggi, reaksi cepat, serta proses kompleks.

Selain itu, SCOPS juga didukung berbagai fitur teknologi Intelligent Automation seperti, Artificial Intelligence (AI), Machine Learning (ML), Robotic Process Automation (RPA), dan Internet of Things (IoT) yang dapat membuat operasi dan proses bisnis yang sepenuhnya otomatis.

Umumnya, penggunaan SCOPS dapat digunakan pada industri besar yang memiliki cara kerja project-driven-process, misalnya penjernihan air, pengeboran dan pengolahan minyak bumi, pabrik dan sistem transportasi.

Mengapa SCOPS Menjadi Solusi Tepat Bagi Operasional Bisnis Anda?

SCOPS dapat mengintegrasikan berbagai perangkat IoT untuk mengotomatisasi proses di berbagai industri. SCOPS bekerja dengan memanfaatkan sensor dan actuator yang terhubung dengan control logic and calculation, sehingga tim operator yang bertugas untuk mengawasi proses sebuah sistem tidak perlu mengoperasikan seluruh komponen secara manual.

Sejak awal dikembangkan pun, SCOPS memang ditujukan sebagai sistem remote-access yang lebih canggih dan bisa diprogram untuk menyelesaikan proses dengan tingkat kompleksitas tinggi pada berbagai bidang industri. Sederhananya, sistem ini merupakan DCS (Disributed Control System) tapi bisa digunakan untuk skala produksi yang lebih besar.

Sistem ini juga bisa memonitor dan mengoperasikan seluruh mesin pabrik pada lokasi yang berbeda. Tak heran jika SOCPS menjadi salah satu tipe ICS (Industrial Control System) yang memiliki fitur paling lengkap dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan solusi sejenis.

3 Keuntungan Menggunakan SCOPS

Menggunakan sistem SCOPS dapat membantu bisnis Anda meningkatkan efisiensi operasional. Sebab, sistem ini menggabungkan AI, IoT, dan Machine Learning untuk membuat workflow operasional bisnis sepenuhnya otomatis, visibilitas lebih baik, dan optimalisasi proses bisnis. Berikut penjelasan lengkap mengenai tiga keuntungan menggunakan SCOPS.

1. Visibilitas Lebih Baik

Seluruh proses operasional dalam perusahaan yang ingin dimonitor bisa dilihat secara jelas tanpa “hidden things”. Tentunya, fitur visibilitas ini disediakan dalam single dashboard yang dapat disesuaikan secara interaktif, intuitif, dan up to date.

2. Optimalisasi Proses Bisnis

Optimalisasi proses bisnis menciptakan workflow yang sepenuhnya otomatis untuk sistem operasional. Hal ini dapat mengurangi human error, meningkatkan kecepatan pengiriman, mengatasi efisiensi biaya, dan mengoptimalkan proses bisnis.

3. Respons Cerdas Menggunakan AI

Fitur respons cerdas menggunakan AI, menciptakan wawasan baru untuk operasional bisnis Anda. Solusi ini dapat memindai ribuan variabel proses dengan cara yang sistematis dan menyimpulkan masalah atau potensi masalah secara real-time.

Bagaimana Mengotomatisasikan Proses Operasional Bisnis Menggunakan SCOPS?

Prinsip kerja proses otomatisasi SCOPS akan memudahkan pelaku bisnis untuk memiliki akses yang mudah ke data di mana saja mengenai proses operasi, mendapatkan grafik kinerja, menampilkan data, dan menyediakan input kontrol bagi operator.

Salah satu kelebihan SCOPS yang paling utama adalah dapat memonitor proses industri berskala besar dalam banyak lokasi di satu tempat, karenaseperti yang sudah disinggung sebelumnya, sistem ini memang dikembangkan agar operator bisa memonitor seluruh kinerja dan status dari semua komponen yang digunakan dalam proses industri tersebut dengan memanfaatkan remote access.

Selain itu, solusi ini juga dapat membantu dispatcher dalam melakukan pemantauan tanpa harus datang ke lapangan. Sebab, pengontrolan bisa dilakukan di satu tempat, baik itu kantor pusat maupun lokasi tertentu yang sudah ditentukan oleh perusahaan, sehingga sangat efektif untuk industri yang terdiri dari banyak cabang dan lokasi.

Kesimpulannya, solusi SCOPS merupakan suatu integrasi antara software, komputer dan sistem kontrol, di mana Anda dapat dengan mudah me-monitoring, mengumpulkan data, sekaligus mengontrol peralatan dari jarak tertentu menggunakan media kabel frekuensi radio atau bahkan jaringan internet.

Baca Juga: Progress Kemp Load Balancer Bantu Industri Kesehatan Atasi Tantangan Migrasi Workload

Saatnya Implementasikan SCOPS dari BPT untuk Perusahaan Anda

Tim Blue Power Technology (BPT) siap membantu Anda memanfaatkan solusi Smart Control of Optimized Operations (SCOPS) untuk membantu perusahaan Anda dalam mengolah dan menganalisis data operasional secara cepat, sehingga dapat secara otomatis mengambil keputusan bisnis secara cepat tanpa proses manual.

BPT akan membantu Anda menghindari trial and error mulai dari tahap konsultasi, deployment, maintenance, hingga dukungan after sales. Didukung tim profesional IT berpengalaman dan tersertifikasi, BPT akan membantu Anda melewati semua proses adopsi solusi Smart Control of Optimized Operations (SCOPS).

Tertarik dengan solusi Smart Control of Optimized Operations (SCOPS) dari BPT? Segera hubungi marketing@bluepowertechnology.com.

Penulis: Ary Adianto - Content Writer CTI Group