Merugi $40 Juta dalam Seminggu karena Ransomware LockerGoga

Merugi $40 Juta dalam Seminggu karena Ransomware LockerGoga

Jakarta, 08 May 2019

Merugi $40 Juta dalam Seminggu karena Ransomware LockerGoga

 

Tak dapat dipungkiri bahwa adanya Internet dan email telah memudahkan kehidupan manusia. Namun, dibalik itu terdapat juga sebuah risiko, di mana melalui media tersebut, hacker dapat melancarkan serangan siber yang canggih, seperti ransomware terhadap bisnis Anda. Salah satu cara mengeksekusi serangan siber ialah melalui phishing email. Hal ini terbukti karena 97% phising email yang dikirimkan telah disisipi ransomware.

 

 

Satu perusahaan yang telah mengalami serangan ransomware yang dieksekusi melalui phishing email adalah Norsk Hydro, sebuah perusahaan yang memproduksi dan menyuplai aluminium. Ransomware yang bernama LockerGoga berhasil mengenkripsi semua file, mematikan seluruh komputer, dan mengeluarkan semua user. Serangan LockerGoga berhasil memberhentikan proses produksi dan membuat Norsk Hydro merugi $40 juta.

 

Setelah serangan LockerGoga, Norsk Hydro masih membutuhkan waktu lama untuk bisa sepenuhnya memulihkan sistem mereka dan kembali normal. Selama proses pemulihan, tingkat produksi hanya bisa dilakukan hingga 70-80%, sementara sistem TI mereka membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk pulih sepenuhnya. Dampak dari ransomware yang dialami Norsk Hydro bisa dihindari menggunakan solusi isolasi malware Isla dari Cyberinc, sebuah perusahaan keamanan siber terkemuka. Isla mengisolasi pengeksekusian script eksternal, url, dan lampiran dari perangkat (devices) para end-user. Dengan demikian, Isla mendisrupsi pengiriman konten berbahaya, seperti ransomware ataupun serangan web lainnya. Terlebih lagi, Isla dapat secara efektif dan efisien menskala untuk mengakomodir jumlah user perusahaan.

 

Isla adalah satu-satunya solusi keamanan yang menawarkan enam tipe isolasi antara user dan serangan, termasuk konten, proses, sesi, appliance (perangkat), koneksi, dan fisik. Kemampuan isolasi yang komprehensif memastikan keamanan yang absolut bagi bisnis Anda. Terlebih lagi, Isla memiliki fitur analytics dan reporting yang memungkinkan Anda untuk mendeteksi perilaku user, threat analytics, dan insights. Isla juga memiliki tiga model pengimplementasian, yaitu on-premise, cloud, dan hybrid untuk menjawab segala kebutuhan bisnis Anda.

 

Sebagai salah satu IT expert di Indonesia, Blue Power Technology (BPT) memiliki kompetensi untuk menyediakan solusi TI yang lengkap, termasuk keamanan web. Dengan adanya kerjasama antara BPT dan Cyberinc, BPT memberikan bisnis-bisnis di Indonesia kesempatan untuk menggunakan Isla dan memastikan penggunaan web yang aman.

Other Articles

Copyright©2017 Blue Power Technology All Right Reserved.