Kembangkan Aplikasi Anda di Lingkungan Microservices dan Container dengan Alibaba Cloud Container Se

Kembangkan Aplikasi Anda di Lingkungan Microservices dan Container dengan Alibaba Cloud Container Se

Jakarta, 16 Apr 2019

Kembangkan Aplikasi Anda di Lingkungan Microservices dan Container dengan Alibaba Cloud Container Service

Bisnis dituntut untuk dapat mengembangkan aplikasi mereka secara efisien dan cepat agar mampu mengikuti dunia bisnis yang terus berubah dan permintaan konsumen serta menjadi pelopor di industri. Dalam mengembangkan aplikasi, terdapat dua arsitektur yang dapat dipilih, yaitu monolitik dan microservices.

 

Perbedaan utama di antara keduanya ada pada bagaimana aplikasi dibangun dan dikemas. Pada arsitektur monolitik aplikasi dibangun sebagai satu kesatuan dengan seluruh komponen dan servisnya, sedangkan arsitektur microservices membagi aplikasi menjadi komponen dan servis yang lebih kecil.

 

Artikel "Cloud" Sebelumnya:

Alibaba Cloud Luncurkan Data Center Kedua di Indonesia

 

Pengembangan aplikasi yang mudah merupakan sebuah kelebihan dari arsitektur monolitik karena para developer hanya membutuhkan satu code base. Namun, di sisi lain aplikasi microservices menjanjikan pengembangan, pengetesan, dan deployment yang agile. Terlebih lagi, setiap microservices diletakkan di dalam container guna mengurangi biaya bisnis dan memastikan efisiensi bisnis yang lebih tinggi karena hanya menggunakan satu operating system untuk hal perbaikan bug dan mengupdate patches sebab container memiliki operating system yang sama. Maka dari itu, tidak mengherankan apabila banyak bisnis yang mulai mengadopsi arsitektur microservices dalam mengembangkan aplikasi mereka.

 

Alibaba Cloud Container Service bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi Anda di arsitektur microservices. Servis ini mampu memecah microservices dan menyimpan tiap aplikasi microservice ke dalam repositori gambar (repository image) Alibaba Cloud untuk pengelolaan. Alibaba Cloud mampu melakukan penjadwalan, orchestration, deployment dan gated launch. Alibaba Cloud Container Service adalah layanan manajemen container berkinerja tinggi yang mampu mengelola seluruh lifecycle aplikasi container yang menggunakan Kubernetes ataupun Docker. Terakhir, Alibaba Cloud Container Service telah terintegrasi ke dalam sebuah dashboard bersama dengan servis Alibaba Cloud lainnya, seperti virtualisasi, storage, jaringan, dan keamanan sehingga lingkungan container yang optimal di cloud dapat tercipta.

 

Sebagai salah satu IT expert di Indonesia, Blue Power Technology (BPT) memiliki track record yang baik dalam menyediakan solusi TI yang komprehensif bagi berbagai perusahaan di Indonesia, termasuk pengembangan aplikasi. Dengan adanya kerjasama antara BPT dan Alibaba Cloud, BPT dapat membantu perusahaan Indonesia untuk memanfaatkan Alibaba Cloud Container Service saat mengembangkan aplikasi.

 

Hubungi kami di cloudxtream@bluepowertechnology.com untuk infoemasi lebih lanjut.

 

Artikel "Cloud" Sebelumnya:

Tingkatkan Layanan Video-On-Demands Anda dengan Solusi Cloud

Other Articles

Copyright©2017 Blue Power Technology All Right Reserved.