Tingkatkan Layanan Video-On-Demands Anda dengan Solusi Cloud

Tingkatkan Layanan Video-On-Demands Anda dengan Solusi Cloud

Jakarta, 21 Mar 2019

Tingkatkan Layanan Video-On-Demands Anda dengan Solusi Cloud

Video-On-Demands (VOD), sebuah layanan yang memungkinkan penggunanya mengunggah dan mengakses video secara cepat telah menjadi bagian dari kebiasaan menonton bagi sebagian orang. Sebuah penelitian memprediksi layanan subscription VOD akan mencapai peningkatan total pendapatan global dari 44 juta USD pada 2017 menjadi 69 juta USD pada 2023. Meningkatnya tren VOD seperti iTunes, Netflix, Hulu, dan lain-lain telah mendorong pengadopsian layanan berbasis cloud demi menyediakan pengguna layanan streaming yang tidak akan terganggu saat mereka mengakses data yang ingin mereka tonton.

 

Dengan meningkatnya permintaan akan VOD dan layanan multimedia online lainnya, bisnis dengan solusi tradisional tidak akan mampu menangani perubahan beban bisnis yang besar dan terjadi secara terus menerus. Hal tersebut menimbulkan kebutuhan perusahaan akan layanan VOD dengan teknologi yang efisien dengan biaya rendah semakin tinggi. Maka dari itu, dalam industri multimedia penggunaan teknologi cloud tidak terhindarkan karena cloud menawarkan penyimpanan yang besar, komputasi yang elastis, kemampuan jaringan yang luas, dan biaya yang lebih rendah. Perusahaan kini dapat membangun platform yang lebih terjangkau dengan ketersediaan dan elastisitas yang tinggi.

 

Untuk membantu perusahaan dalam membangun platform tersebut, Alibaba Cloud menyediakan solusi Video On Demand dengan Content Delivery Network (CDN) dan kemampuan infrastruktur storage yang kuat. Solusi ini memungkinkan perusahaan untuk mengakomodasi jutaan viewers dan meningkatkan pengalaman mereka dalam menonton VOD.

 

Berikut ini adalah empat kunci dari produk cloud Alibaba Cloud untuk layanan VOD yang terlibat dalam penyediaan layanan yang berkualitas bagi pengguna dengan masalah latensi, bandwidth, dan skalibilitas:

 

  • Elastic Compute Service (ECS)

ECS dari Alibaba Cloud memberikan bisnis Anda sebuah kapasitas on-demand pada cloud yang andal dan skalabel. ECS juga menyediakan memori yang cepat, sehingga dapat membantu aplikasi cloud Anda mencapai hasil yang lebih cepat dengan latensi rendah dengan pemberian daya yang maksimal.

 

  • Object Storage Service (OSS)

Alibaba Cloud OSS menyediakan kemampuan penyimpanan data yang aman, skala besar, murah, dan juga mudah digunakan, sehingga memungkinkan Anda untuk menyimpan, mencadangkan, dan mengarsipkan data dalam jumlah besar di cloud, dengan ketersediaan yang selalu dapat diandalkan.

 

  • Content Delivery Network (CDN)

CDN mampu menyelesaikan masalah latensi saat pengiriman data yang biasanya disebabkan oleh masalah distribusi, bandwidth, dan kinerja server. CDN dari Alibaba Cloud akan memastikan Anda dapat mempercepat proses distribusi konten ke semua pengguna di seluruh dunia.

 

  • Server Load Balancer (SLB)

SLB dari Alibaba Cloud mendistribusikan dan mengelola peningkatan traffic yang terjadi secara tiba-tiba untuk meningkatkan kemampuan layanan aplikasi para pengguna, meminimalkan waktu respons, dan memastikan ketersediaan yang tinggi.

 

Solusi ini dibagi menjadi tiga modul: modul video uploading, video broadcasting, dan manajemen sistem.

 

1. Modul Video Uploading

File video disimpan dalam Object Storage Service (OSS), sementara indeks segmen akan disimpan dalam database RDS. OSS juga dapat langsung diintegrasikan dengan media transcoding dan CDN untuk meningkatkan kemampuan transcoding file video dan kemampuan delivery.

 

2. Modul Video Broadcasting

Modul ini menciptakan sebuah layanan web eksternal yang memberi kemampuan pengguna untuk menonton secara real-time. Server Load Balancer menerima permintaan akses dari terminal milik pengguna dan mengirimkannya ke ECS (server web) untuk diproses. Server web kemudian akan memverifikasi pengguna dan perangkat yang digunakan, mengambil basis data indeks, dan mencari indeks video untuk mengambil video yang diperlakukan.

 

3. Modul Manajemen Sistem

Modul ini mengatur informasi pengguna, perangkat dan layanan lainnya.

 

Blue Power Technology telah bekerja sama dengan Alibaba Cloud selama lebih dari satu tahun sebagai Alibaba Cloud Official Local Partner. Komitmen kami adalah untuk membantu Anda dalam menanggapi tantangan dari risiko keamanan infrastruktur IT, perubahan regulasi, permintaan pelanggan yang dinamis untuk inovasi produk dan layanan, serta menjadi mitra yang berkompeten dalam membantu proses transformasi digital Anda dengan biaya yang efektif. Kami selalu siap membantu Anda dalam mendapatkan solusi IT  dengan skalabilitas, keandalan, dan keamanan data terbaik untuk bisnis Anda.

 

Untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut, hubungi kami di cloudxtream@bluepowertchnology.com

 

Other Articles

Copyright©2017 Blue Power Technology All Right Reserved.