Top 10 Kriteria Platform Smart City Terbaik

Top 10 Kriteria Platform Smart City Terbaik

Jakarta, 26 Nov 2018

Top 10 Kriteria Platform Smart City Terbaik

Berikut 10 Kriteria Platform Smart City Terbaik!

 

 

Dapat disimpulkan bahwa untuk membangun Smart City di Indonesia dibutuhkan Platform sebagai pondasi yang mampu mendukung pencapaian 6 Pilar Smart City. Yaitu Smart Governance, Smart People, Smart Mobility, Smart Economy, Smart Environment, dan Smart Living.

 

Tentunya kriteria ini menjadi yang sangat penting dalam mendukung pengembangan Smart City secara berkelanjutan. Hal ini menjadi keseriusan pemerintahan kota dan kabupaten dalam merencanakan Smart City yang didukung oleh Pemerintah Pusat.

 

Berikut ini adalah hasil dari survey yang dilakukan oleh PT Blue Power Technology pada Q1 tahun 2018 dengan responden lebih dari 30 perwakilan kabupaten dan kota di Indonesia yang mencanangkan Smart City.

 

1. Multi Basemaps

Mampu menampilkan berbagai jenis map provider. Untuk memonitor kondisi kota atau wilayah diperlukan basemap yang akurat dan informatif. Oleh sebab itu platform Smart City yang baik adalah mampu menampilkan berbagai jenis peta dari berbagai provider dan peta yang dibuat oleh pemerintah kota / kabupaten sendiri.

 

Jika platform ini hanya mampu menampilkan satu jenis provider peta akan memiliki kelemahan dalam hal akurasi untuk melakukan benchmark dengan peta lainnya.

 

2. Location Map

Mampu menampilkan denah di dalam gedung. Selain memonitor wilayah, platform Smart City yang baik mampu menampilkan denah dalam suatu gedung yang bertingkat. Kriteria ini berfungsi untuk memonitor aset yang ada di dalam gedung seperti CCTV dalam ruangan per lantai atau sensor-sensor alarm yang terkait tindakan pencegahan insiden darurat.

 

Selain itu fitur ini juga mampu digunakan dalam memonitor ruang publik seperti stadion dan lainnya untuk identifikasi keramaian yang memiliki dampak pada wilayah tertentu. Tentunya akan lebih baik lagi jika fitur ini mampu menampilkan dalam bentuk tiga dimensi.

 

3. Browser Access

Dapat diakses  melalui browser pada umumnya. Kriteria ini menjadi penting sebab platform Smart City yang baik harus bisa diakses dari lokasi manapun melalui browser. Tidak seperti aplikasi melalui desktop pada umumnya yang hanya bisa diakses melalui perangkat itu sendiri.

 

4. Real-Time Data Integration

Dapat mengirim dan menerima data dalam hitungan detik. Kriteria ini menjadi penting sebab informasi apa pun yang penting harus dapat dikirim dan diterima dengan cepat dalam hitungan detik, tidak butuh waktu berhari-hari dalam prosesnya. Hal ini akan diperlukan dalam menangani insiden darurat maupun informasi penting lainnya terkait pelayanan masyarakat dan perangkat daerah.

 

5. Key Performance Indicator

Memiliki fitur Indikator data secara periodik tertentu. Kriteria ini menjadi penting sebab data yang masuk ke platform ini harus bisa dijadikan indikator dengan parameter tertentu. Dengan adanya ini platform Smart City mampu menampilkan trend kondisi kota dan mengetahui suatu indikator atau program kerja dalam kondisi baik atau tidak.

 

6. Standard Operating Procedure

Memiliki fitur cara menangani insiden darurat. Kriteria ini digunakan untuk menangani atau menyelesaikan masalah kota atau kabupaten dengan mengikuti SOP yang sesuai. Dengan adanya kriteria ini suatu masalah dapat ditelusuri proses dan status penyelesaiannya. Dan kriteria ini juga dapat digunakan dalam delegasi tugas tertentu kepada tim terkait dengan masalah yang spesifik.

 

7. Notification and Alert

Memiliki fitur integrasi notifikasi ke alarm atau aplikasi lainnya. Kriteria ini menjadi penting sebab platform Smart City harus mampu mengirimkan notifikasi kepada user tertentu dalam bentuk apa pun. Tujuannya adalah agar pihak penanggung jawab menjadi lebih sadar dalam menangani insiden darurat di wilayahnya.

 

8. Business Intelligence

Memiliki fitur executive dashboard yang dapat didesain sesuai selera. Kriteria ini sangat penting karena dengan adanya Business Intelligence, pemangku jabatan atau keputusan dapat melihat ringkasan kondisi kota dan kinerja perangkat daerah secara langsung dan terintegrasi.

 

9. Internet of Things Integration

Dapat mengirim perintah ke alat Internet of Things. Kriteria ini menjadi penting sebab kedepannya akan banyak penerapan IoT di Indonesia. Oleh sebab itu kriteria ini dapat menjadi pondasi IoT dalam beberapa tahun kedepan. Selain mampu memonitor kondisi alat tertentu, platform ini juga mampu mengirimkan perintah ke alat IoT untuk melakukan sesuatu secara otomatis.

 

10. Long Term Support

Memiliki tim support di Indonesia dan dapat digunakan lebih dari 10 tahun. Ini adalah kriteria terakhir yang sangat penting. Sebab membangun Smart City itu tidak dalam setahun dua tahun. Tetapi membangun Smart City harus berkelanjutan dalam jangka waktu yang lama. Sebab permasalahan baru untuk kota dan kabupaten akan terus bermunculan. Oleh sebab itu platform Smart City yang baik harus memiliki tim support yang kompeten dan berpengalaman.

 

Itulah yang akan menjadi Kriteria Platform Smart City yang akan diterapkan di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia. Adapun teknologi lainnya yang mampu diintegrasikan ke dalam Platform Smart City adalah:

1. Aplikasi Mobile Citizen Complaint

2. Live CCTV

3. GPS Tracking

4. Asset Management

5. Data Integration (Integrasi Aplikasi SKPD)

6. Video Analytic

7. IoT Platform

8. Weather Channel

9. Video Conference

10. Mobile Surveyor

11. Call Center

12. Smart Pole

13. GIS Server

14. Sentiment Analytic

15. Fraud Analytic

 

Jika terdapat pertanyaan, silahkan hubungi marketing@bluepowertechnology.com

 

Blue Power Technology, dengan IBM sebagai produk andalannya, juga ditunjuk sebagai distributor nilai tambah oleh Lenovo, Varonis, Extreme Networks, Cyberinc, ESRI, Honeywell, dan Alibaba Cloud. BPT menyediakan layanan lengkap untuk perusahaan yang ingin mengintegrasikan dan memodernisasi sistem dan proses TI yang ada untuk menanggapi perubahan dalam industri dan mengurangi biaya operasional dan risiko perusahaan. Untuk informasi lengkap, kunjungi bluepowertechnology.com

 

 

Facebook: @bluepowerid

Twitter: @bluepowerid

Instagram: bluepowerid

LinkedIn: PT Blue Power Technology

Youtube: Blue Power Technology

Other Articles

Copyright©2017 Blue Power Technology All Right Reserved.