Mengelola dan Memonitor Gedung Cerdas serta Kota Cerdas Secara Efektif dengan NUCLEUS

Mengelola dan Memonitor Gedung Cerdas serta Kota Cerdas Secara Efektif dengan NUCLEUS

Jakarta, 03 Oct 2018

Mengelola dan Memonitor Gedung Cerdas serta Kota Cerdas Secara Efektif dengan NUCLEUS

Dengan perkembangan teknologi yang berkembang pesat, ide dari kota cerdas bukan lagi sebuah konsep tetapi telah menjadi kenyataan. IDC memprediksi bahwa inisiatif-inisiatif kota cerdas akan membuat investasi teknologi mencapai USD 81 miliar di 2018 dan akan terus meningkat hingga USD 158 miliar pada 2022. Salah satu komponen terpenting dalam memiliki sebuah kota cerdas adalah Internet of Things (IoT), terbukti dengan 23% proyek IoT yang berada dalam kota cerdas (IoT Analytics, 2018).

 

Dengan teknologi IoT, kota cerdas dapat memasang beberapa sistem sensor untuk mengoptimalkan efisiensi operasional dan pelayanan kota, mulai dari sensor penghemat energi dan sensor deteksi banjir hingga kamera CCTV. Namun, dengan berbagai sensor yang berbeda, memonitor dan mengelolanya secara real-time menjadi sulit serta dapat membuat pengambilan keputusan lebih lama dan tidak efektif.  

 

Untuk menyelesaikan permasalahan di atas, satu solusi yang dapat digunakan ialah NUCLEUS, pemenang penghargaan sistem manajemen 3D unified yang menyediakan pemahaman situasi paling komprehensif bagi gedung cerdas dan kota cerdas. Dengan NUCLEUS, pemantauan kota menjadi lebih efisien karena berbagai sensor berbeda disatukan dalam sistem manajemen 3D. Informasi yang telah disatukan (unified) dapat dibagikan ke seluruh instansi pemerintah dengan mudah, memberikan mereka pemahaman situasi yang lebih baik agar perencanaan kota dan pengambilan keputusan menjadi lebih tepat.

  

NUCLEUS tidak hanya memonitor sensor IoT tetapi juga memberikan model tampilan 3D dari sebuah tempat. Hal ini memungkinkan perusahaan dan pemerintah untuk mengkorelasikan insiden di berbagai lantai dan bagian yang berbeda, menghindari titik mati  (blind spot) dalam menilai insiden situasional untuk mengambil tindakan lebih lanjut. Selain itu, model tampilan 3D memberikan bisnis dan pemerintah kesempatan untuk melihat dan mengkaji gedung maupun kota cerdas agar mereka dapat mempersiapkan tanggapan darurat. NUCLEUS adalah produk dari G-Element, salah satu perusahaan software 3D terkemuka di Singapura yang berfokus pada gedung dan kota cerdas.

 

Sebagai IT expert partner di Indonesia, Blue Power Technology (BPT) telah bekerjasama dengan G-Element agar bisnis dan pemerintah dapat memanfaatkan NUCLEUS dalam memonitor dan mengelola gedung cerdas dan kota cerdas mereka. General Manager BPT untuk Internet of Things, Herry Prihandoko menyatakan bahwa NUCLEUS adalah device agnostic 3D unified platform, yang berarti NUCLEUS kompatibel dengan berbagai vendor sensor. “Maka dari itu, NUCLEUS dapat memudahkan kami untuk menjangkau pelanggan dengan beragam infrastruktur serta kompleksitasnya dan memberikan mereka sebuah standar baru sistem manajemen gedung dan kota yang interaktif dan modular.”

Other Articles

Copyright©2017 Blue Power Technology All Right Reserved.