Penyebab Utama Pelanggaran Data Kesalahan Manusia Yang Dilaporkan Sendiri

Penyebab Utama Pelanggaran Data Kesalahan Manusia Yang Dilaporkan Sendiri

Jakarta, 01 Oct 2018

Penyebab Utama Pelanggaran Data Kesalahan Manusia Yang Dilaporkan Sendiri

1 September 2018 oleh Anthony Spadafora

 

Kelalaian dan kesalahan yang bertanggung jawab atas sebagian besar pelanggaran data yang dilaporkan tahun lalu.

 

Penelitian baru dari perusahaan keamanan Kroll telah mengungkapkan bahwa pelanggaran data yang dilaporkan sendiri tujuh kali lebih mungkin disebabkan oleh kesalahan manusia daripada oleh peretas.

 

Perusahaan mengajukan permintaan Kebebasan Informasi untuk memperoleh data tentang insiden yang dilaporkan sendiri dari organisasi ke Kantor Komisi Informasi (ICO) untuk mengetahui bahwa 2.124 insiden yang dilaporkan pada 2017-2018 dapat ditelusuri kembali ke kesalahan atau ketidakmampuan karyawan.

 

Menurut data yang diberikan oleh ICO, ada 3.156 pelanggaran data yang dilaporkan sendiri tahun lalu yang naik 28 persen dari tahun sebelumnya dan naik 19,3 persen dari 2015-2016.

 

Jumlah pelanggaran data yang dilaporkan sendiri lebih banyak kemungkinan merupakan hasil dari karyawan yang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang merupakan pelanggaran yang dikombinasikan dengan fakta bahwa di bawah GDPR, organisasi diharuskan untuk melaporkan pelanggaran data yang serius.

 

Sektor perawatan kesehatan menyumbang jumlah laporan terbanyak sejak pelaporan pelanggaran wajib dilakukan sebelum GDPR diberlakukan. Ada 1.214 laporan yang dibuat oleh mereka dalam perawatan kesehatan tahun lalu diikuti oleh bisnis umum dengan 362 laporan, pendidikan dan perawatan anak dengan 354 laporan dan pemerintah lokal dengan 328 laporan.

 

Menurut Kroll, kesalahan yang paling umum dilakukan oleh orang yang mengirim data melalui email ke penerima yang salah (477 laporan) atau melalui pos (441 laporan). Secara mengejutkan kehilangan atau pencurian dokumen bertanggung jawab atas 438 insiden.

 

Unsur manusia dalam cybersecurity tidak boleh diabaikan dan organisasi dapat lebih melindungi diri dari data yang bocor dari karyawan melalui peningkatan pelatihan dan pendidikan.

 

Kredit Gambar: Balefire / Shutterstock

 

Blue Power Technology, dengan IBM sebagai produk andalannya, juga ditunjuk sebagai distributor nilai tambah oleh Lenovo, Varonis, Extreme Networks, Cyberinc, ESRI, Honeywell, dan Alibaba Cloud. BPT menyediakan layanan lengkap untuk perusahaan yang ingin mengintegrasikan dan memodernisasi sistem dan proses TI yang ada untuk menanggapi perubahan dalam industri dan mengurangi biaya operasional dan risiko perusahaan. Untuk informasi lengkap, kunjungi bluepowertechnology.

 

 

Facebook: @bluepowerid

Twitter: @bluepowerid

Instagram: bluepowerid

LinkedIn: PT Blue Power Technology

Youtube: Blue Power Technology

 

#BPT_ID

#YourITExpertPartner

 

 

Sumber: https://www.itproportal.com/news/human-error-top-cause-of-self-reported-data-breaches/

 

Sumber Gambar: https://www.itproportal.com/news/human-error-top-cause-of-self-reported-data-breaches/

 

 

Other Articles

Copyright©2017 Blue Power Technology All Right Reserved.