Jadikan pusat data sebagai bagian dari rencana transformasi Anda dalam 3 langkah!

Jadikan pusat data sebagai bagian dari rencana transformasi Anda dalam 3 langkah!

Jakarta, 10 Sep 2018

Jadikan pusat data sebagai bagian dari rencana transformasi Anda dalam 3 langkah!

April 25, 2018 oleh Indranil Sengupta, Contributor, InfoWorld

 

Setiap transformasi digital yang realistis harus mencakup audit pusat data, offload, dan relokasi

 

Ada keterputusan antara visi dan realitas transformasi digital. Fokus pada cloud telah menyebabkan penekanan pada infrastruktur yang ada, khususnya, datacenter.

 

Namun bagi sebagian besar perusahaan, pusat data tetap merupakan aset dasar. Aplikasi Greenfield mungkin langsung menuju cloud, tujuan akhir untuk banyak beban kerja, tetapi banyak aset warisan tetap berada di fasilitas pribadi. Intinya adalah bahwa pusat data masih merupakan basis dari tumpukan aplikasi perusahaan, dan karenanya harus menjadi bagian dari rencana transformasi apa pun.

 

Analogi pemilik rumah

Perusahaan mempertimbangkan cloud seperti pemilik rumah yang ingin membuat rumah mereka lebih hemat energi. Mereka berpikir untuk memasang termostat pintar atau panel surya. Tetapi jika mereka melakukannya di rumah dengan insulasi yang buruk, jendela berangin, atau saluran bocor, apa intinya?

 

Sekarang bayangkan mereka pemilik rumah sebagai nesters kosong memimpikan gaya hidup pensiun mobile - endgame setara awan. Untuk transisi dari rumah ke kendaraan rekreasi (RV) bukan merupakan cutover sederhana. Mungkin mereka mampu membeli keduanya. Tetapi bahkan sampai ke negara hibrida itu bisa menjadi proses bertahap.

 

Pensiunan pertama-tama ingin mengambil persediaan dan memutuskan apa yang harus disimpan dan apa yang harus dilemparkan. Sebagai langkah selanjutnya, mereka mungkin ingin pindah. Dengan perdagangan rumah yang perlu bekerja untuk kondominium pemeliharaan rendah, mereka dapat mengurangi biaya dan membebaskan aset di sepanjang jalan.

 

3 langkah: audit, offload, relokasi

Sebagian besar perusahaan berada dalam situasi yang sama: hidup dengan datacenter yang tidak efisien tetapi menginginkan sesuatu yang lebih ketat. Organisasi Anda mungkin sudah meletakkan beban kerja baru di cloud dan mengandalkan aplikasi SaaS. Tetapi Anda mungkin masih menjalankan operasi pusat data. Dan seperti rumah tua itu, mungkin perlu perhatian.

 

Jika itu terdengar akrab dan Anda mencari nasihat, pertimbangkan model tiga langkah yang sama dari pemilik rumah: audit, offload, dan relokasi.

 

Audit

Pertama, kumpulkan informasi sebanyak mungkin. Mungkin database manajemen konfigurasi Anda sudah diperbarui. Itu bagus, tapi lanjut. Penemuan aplikasi dan pemetaan ketergantungan dapat melacak arsitektur dan jalur komunikasi aplikasi Anda. Last but not least, nilai infrastruktur pendukung Anda, termasuk pasokan listrik, sistem pendingin, dan konektivitas. Lihat apakah dan di mana Anda tekor.

 

Offload

Setelah memperoleh visibilitas, perhatikan sekeliling dengan baik. Mungkin ada perangkat lunak lama, aplikasi atau data yang berlebihan yang tidak lagi melayani tujuan regulasi atau bisnis. Ini adalah kandidat untuk tempat sampah elektronik. Catat apa yang tersisa — apa yang harus dipertahankan atau bahkan ditingkatkan dan diperluas. Tag aplikasi yang memiliki versi SaaS atau sebaliknya cocok untuk migrasi cloud.

 

Relokasi

Jika Anda telah menilai semua opsi, organisasi Anda mungkin siap untuk migrasi sebagian ke lingkungan cloud. (Untuk lebih lanjut, lihat “Migrasi pusat data dalam 7 langkah” oleh rekan saya Rich Harper.) Namun, mem-refactoring dan memigrasikan aplikasi ke platform cloud bukanlah satu-satunya jawaban. Migrasi parsial berarti bahwa tidak semuanya bermigrasi. Setelah audit dan pembersihan menyeluruh, Anda mungkin menemukan bahwa “angkat dan pindahkan” juga merupakan langkah berikutnya yang realistis, logis, dan menarik.

 

Kasus untuk relokasi

Perusahaan yang memindahkan infrastruktur IT-nya ke pusat data pihak ketiga seperti pemilik rumah yang melakukan downsizes. Keduanya merangkul model operasional yang lebih efisien dan efisien. Proposisi nilai kuat.

 

Alih-alih menangani beberapa utilitas, penyedia layanan dan vendor, Anda sekarang memiliki satu titik kontak. SLA khusus dapat menjamin ketersediaan tinggi dengan fasilitas berlebihan, termasuk daya dan jaringan. Bagian konektivitas itu sangat penting. Perhatikan bahwa beberapa penyedia layanan TI dan komunikasi terkemuka telah melepaskan aset datacenter mereka, tetapi tidak semuanya telah melakukannya. (Pengungkapan: Saya bekerja untuk NTT Communications, yang telah banyak berinvestasi dalam infrastruktur cloud dan infrastruktur pusat data.)

 

Penyedia data center khusus sulit untuk ditiru. (Standar NTT sendiri, yang berlaku untuk lebih dari 140 pusat data di seluruh dunia, mencakup lebih dari 300 item.) Namun begitu sebuah perusahaan memutuskan untuk bermitra dengan penyedia dan merelokasi asetnya, ia memiliki ruang yang lebih besar untuk melakukan manuver. Itu bisa berarti pindah ke cloud pribadi, terhubung ke awan publik, atau memanfaatkan inovasi cloud yang sedang berlangsung.

 

Terkadang endowame cloud mendapatkan semua perhatian. Tetapi memindahkan pusat data pribadi, setelah audit pertama dan melepaskan aset yang tidak perlu, juga merupakan strategi antara yang baik. Relokasi masuk akal untuk perusahaan yang mengubah dengan langkah mereka sendiri.

 

Blue Power Technology, dengan IBM sebagai produk andalannya, juga ditunjuk sebagai distributor nilai tambah oleh Lenovo, Varonis, Extreme Networks, Cyberinc, ESRI, Honeywell, dan Alibaba Cloud. BPT menyediakan layanan lengkap untuk perusahaan yang ingin mengintegrasikan dan memodernisasi sistem dan proses TI yang ada untuk menanggapi perubahan dalam industri dan mengurangi biaya operasional dan risiko perusahaan. Untuk informasi lengkap, kunjungi bluepowertechnology.

 

 

Facebook: @bluepowerid

Twitter: @bluepowerid

Instagram: bluepowerid

LinkedIn: PT Blue Power Technology

Youtube: Blue Power Technology

 

#BPT_ID

#YourITExpertPartner

 

 

Sumber: https://www.infoworld.com/article/3269329/data-center/make-the-datacenter-part-of-your-transformation-plan-with-this-3-step-process.html

 

 

Sumber Gambar: https://www.infoworld.com/article/3269329/data-center/make-the-datacenter-part-of-your-transformation-plan-with-this-3-step-process.html

 

 

 

Other Articles

Copyright©2017 Blue Power Technology All Right Reserved.