Pastikan Data Availability dengan Disaster Recovery dan Solusi Keamanan Jaringan

Pastikan Data Availability dengan Disaster Recovery dan Solusi Keamanan Jaringan

Jakarta, 23 Aug 2018

Pastikan Data Availability dengan Disaster Recovery dan Solusi Keamanan Jaringan

Salah satu komponen terpenting agar bisnis dapat beroperasi adalah data. Maka dari itu, bisnis mengambil langkah-langkah untuk memastikan data availability. Namun, bagaimana jika insiden yang tak terduga terjadi dan mematikan seluruh sistem TI mereka? Solusi yang tepat agar mereka dapat mengatasi hal tersebut adalah dengan memiliki sebuah disaster recovery plan yang menyelamatkan mereka dari kehilangan data maupun materil.

 

Pada Agustus 2017, WhatsApp, aplikasi perpesanan yang paling dipilih dengan lebih dari 1,2 miliar pengguna di seluruh dunia mengalami beberapa jam downtime karena kegagalan teknis. Kejadian ini menyebabkan banyaknya keluhan dari para penggunanya. Dengan memiliki disaster recovery plan yang baik, efek negatif dapat diminimalisir karena downtime yang disebabkan oleh insiden semacam ini dapat dihindari.

 

Memiliki sebuah disaster recovery plan sangatlah penting untuk mendapatkan data availability yang berkelanjutan bagi bisnis. DRP berperan dalam membantu bisnis untuk mengembalikan data setelah sebuah insiden terjadi. Selain DRP, terdapat beberapa layer yang sama pentingnya untuk menguatkan data availability bisnis mereka. Salah satu layer yang berperan dalam mencegah hilangnya data ialah solusi keamanan jaringan.

 

Menurut riset EvolveIP, salah satu dari tujuh penyebab insiden DR adalah serangan yang disengaja (deliberate attacks – 17%). Serangan yang disengaja berarti para pelaku dengan sengaja menyerang infrastruktur TI Anda dengan program-program berbahaya, seperti malware dan ransomware, atau bahkan mengeksekusi serangan DDoS. Maka dari itu, memiliki solusi keamanan jaringan yang komprehensif, meliputi akses kontrol, firewall, ataupun unified threat management (UTM) menjadi krusial. Dengan memiliki solusi seperti itu, Anda akan memastikan data availability bagi pelanggan dan itu akhirnya akan meningkatkan retensi pelanggan dan kepuasan mereka.

 

Sebagai IT expert di Indonesia, Blue Power Technology (BPT), tidak hanya memiliki solusi keamanan jaringan yang tepat dari berbagai merek terkemuka, seperti Varonis, Imperva, dan ISLA (Cyberinc), tetapi BPT juga memiliki staf TI yang mampu membantu Anda mengimplementasikan solusi keamanan jaringan yang komprehensif untuk infrastruktur TI Anda agar Anda dapat memastikan data availability dan mencegah insiden DR terjadi dalam bisnis Anda.

Other Articles

Copyright©2017 Blue Power Technology All Right Reserved.